2012-12-30

Proposal Penelitian

A. Judul Penelitian
    Penggunaan Internet di Lingkungan Sosial Masyarakat pada Kalangan Anak-Anak.

B. Pendahuluan
    Latar Belakang Masalah
          Seiring berjalannya waktu perkembangan teknologi yang semakin cepat di era globalisasi ini, terutama kegiatan pengenalan salah satu teknologi yang berperan penting di dunia yaitu internet.
          Ilmu sosial budaya adalah suatu pengetahuan yang membahas masalah - masalah sosial dengan pengertian - pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu - ilmu sosial. Internet (Interconnection-Networking) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliyaran pengguna di seluruh dunia.
          Internet saat ini dapat digunakan oleh siapa saja bukan hanya untuk keperluan pekerjaan orang dewasa saja kini internet digunakan untuk media sosial, mencari informasi, media hiburan untuk anak - anak.
          Bedasarkan atas informasi yang didapat, penulis ingin mengetahui apakah dengan pengenalan internet pada usia anak - anak akan berdampak positif atau akan berdampak negatif. Dari uraian di atas, untuk mengetahui lebih lanjut tentang Internet bagi anak - anak, penulis mencoba melakukan penelitian yang berjudul "Penggunaan Internet di Lingkungan Sosial Masyarakat pada Kalangan Anak-Anak".


    Perumusan Masalah
    Pada penelitian ini penulis mencoba merumuskan masalah dalam bentuk pertanyaan :
1. Apakah pengenalan internet pada usia anak - anak akan berdampak positif atau akan berdampak negatif ?
2. Bagaimana cara mengatasi dampak negatif internet pada usia anak - anak ?
3. Bagaimana pendapat orang tua dan masyarakat tentang penggunaan internet pada usia anak - anak ?

    Tujuan dan Manfaat Penelitian
    Tujuan peneliti melakukan kegiatan penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui dampak - dampak pengenalan internet pada usia anak - anak.
2. Untuk mengetahui pendapat orang tua dan masyarakat tentang penggunaan internet pada usia anak - anak.
    Manfaat dari penelitian ini adalah :
1. Menambah pengetahuan penulis dan pembaca tentang dampak - dampak pengenalan internet pada usia anak - anak.
2. Mengetahui hubungan sosial budaya dengan teknologi informasi yaitu internet yang saat ini sudah banyak anak - anak yang menggunakannya.

    Batasan Masalah
    Mengingat sangat luasnya ruang lingkup tentang penelitian ini, maka penulis membatasi masalah teknologi informasi yaitu internet di lingkungan sosial masyarakat pada kalangan anak - anak.

C. Teori yang dipakai
    Landasan teori adalah bagian penting dari sebuah penelitian. adapun guna dari landasan teori adalah agar penelitian tepat sasaran dan efektif. Beberapa landasan teori disini yaitu :
    a. Lingkungan sosial. Lingkungan sosial adalah suatu tempat dimana semua masyarakat dapat berinteraksi dengan orang di sekitarnya dan menciptakan kesenjangan hidup antara beragam kebudayaan demi mewujudkan lingkungan hidup yang damai.
    b. Masyarakat. Masyarakat adalah sekumpulan orang yang mendiami suatu wilayah dan saling berinteraksi dengan lingkungannya.
    c. Anak-anak.  Anak-anak adalah orang yang masih berumur dibawah 12 tahun. Anak-anak masih memiliki daya ingat yang tinggi dan mereka dapat menangkap semua informasi yang diberikan kepadanya dengan cepat.

D. Metodologi Penelitian
    Data Penelitian
1. Sumber Data
    Data yang diteliti diperoleh dari suatu lingkungan masyarakat di daerah kota Bogor, orang tua yang memiliki anak, dan beberapa anak-anak disekolah dasar di daerah kota Bogor.
2. Tipe Data
    Data yang diteliti merupakan data sekunder yang dikumpulkan dari data laporan. Data tersebut diperoleh dengan memberikan pertanyaan berupa kuisioner kepada masyarakat di kota Bogor. Dan di urutkan secara berkala dan aktualitas terhadap tanggapan dari masyarakat. Dengan demikian data ini kami dapat sesuai dengan pendapat masyarakat.
    Objek Penelitian
    Objek dari penelitian ini adalah masyarakat sosial di daerah kota Bogor.
    Periode Penelitian
    Data yang digunakan merupakan data laporan dari bulan Oktober sampai dengan Desember 2012.

E. Rencana Biaya Penelitian
    Penelitian ini merupakan penelitian mata kuliah Ilmu Sosial Dasar di Universitas Gunadarma, untuk memenuhi tugas yang diberikan. Maka semua biaya penelitian ditanggung oleh penulis.

F. Jadwal Waktu Penelitian
1. Minggu I            : Persiapan penelitian
2. Minggu II - IV   : Pengumpulan data
3. Minggu V - VII  : Penyusunan data
4. Minggu VIII       : Laporan akhir

G. Daftar Pustaka
1. hendri.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/15547/CONTOH PROPOSAL PENELITIAN ILMIAH.pdf
2. http://viska-yustiaa.blogspot.com/2012/11/proposal.html
3. http://pitikkedu.blogspot.com/2012/11/pengertian-internet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar