2015-10-27

Menghargai orang lain

Menghargai orang lain adalah salah satu sikap seseorang dalam bersosial dengan orang lain. Contohnya saja ketika ada seseorang memberikan pendapat kepada kita, kita menerimanya jika memang pendapat yang diberikan memang sesuai dengan tujuan kita atau menolaknya dengan sopan jika memang pendapatnya kurang baik. Dengan kata lain sikap menghargai orang lain sangat diperlukan terutama pada saat kerja sama suatu tim. Jika sikap menghargai orang lain itu tidak ada maka tim atau kelompok tersebut takkan bisa mencapai apa yang menjadi tujuan kelompok tersebut.



Pernah suatu hari ketika saya dan teman - teman kelompok saya sedang bermain game online dan sedang menyelesaikan tantangan game tersebut. Teman saya berpendapat bahwa serangan yang diberikan musuh harus dihindari, namun beberapa teman saya mengabaikan atau tidak peduli dengan pendapatnya.Dan akhirnya kami gagal menyelesaikan tantangan tersebut dikarenakan beberapa teman saya tersebut yang tidak mengikuti pendapat teman saya. Lalu ketika kami mencobanya kembali dan teman - teman yang tadi nya tidak peduli, mau mengikuti pendapat teman saya. Akhirnya kami berhasil menyelesaikan tantangan tersebut.

Menghargai orang lain juga bisa berupa tidak menjelek-jelekan atau menghina orang lain, semisalnya saja di era saat ini banyak anak-anak muda yang menjelek-jelekan seseorang karena kurang mampu atau miskin. Ada juga yang menjelek-jelekan seseorang karena penampilannya kurang baik. Itulah kenapa sifat menghargai orang lain perlu ditanamkan di usia dini, bukan dengan cara dipaksakan tetapi dilatih agar didalam hati mau menghargai orang lain bukan karena disuruh oleh seseorang, karena jika sifat menghargai orang lain dipaksakan maka orang itu akan mengabaikan hal tersebut.

Menghargai orang lain  bisa juga berupa menghargai keputusan orang lain, semisalnya di masa kini banyak yang mengatakan hal - hal seperti "ga ikut ga gaul". Hal seperti itu biasa terjadi disaat seseorang baru memasuki lingkungan baru dan ingin bersosial dengan orang lain. Ada suatu ketika saya di ajak teman - teman saya untuk pergi ke mall di daerah kota jakarta, namun karena disaat itu saya tidak mendapat izin dari orang tua saya, maka saya memutuskan untuk tidak ikut teman - teman saya. Untungnya saja teman - teman saya memaklumi hal tersebut sehingga mereka menerima keputusan yang telah saya buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar