SDM merupakan sumber daya dari manusia dalam menghasilkan sesuatu berupa hasil kerja manusia, dan organisasi merupakan wadah untuk orang - orang bekerja sama mencapai tujuan yang sama. di era saat ini yang saya lihat kualitas SDM semakin menurun yang disebabkan oleh buruknya banyak orang yang tidak bisa mengikuti perkembangan zaman. Berikut ini akan dijelaskan hal - hal yang berkaitan dengan SDM dan organisasi.
2. Struktur Organisasi
2.1. Fungsional
- Orang-orang
dikelompokkan ke dalam departemen – departemen menurut kesamaan
keterampilan dan aktivitas-aktivitas kerja.
- Organisasi
fungsional adalah suatu organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi
dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional
untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus.
Struktur organisasi fungsional diciptakan oleh F.W.Taylor.
- Contoh: www.garden.com
Ciri-ciri
Fungsional:
- Organisasi
kecil
- Di
dalamnya terdapat kelompok-kelompok kerja staff ahli
- Spesialisasi
dalam pelaksanaan tugas
- Target
yang hendak dicapai jelas dan pasti
- Pengawasan
dilakukan secara ketat
- Tidak
menjamin adanya kesatuan perintah
- Hemat
waktu karena mengerjakan pekerjaan yang sama
Rancangan Struktur
Fungsional
Keunggulan
Fungsional
- Penggunaan
sumberdaya yang efisien, skala ekonomis
- Spesialisasi
keterampilan yang mendalam dan pengembangan
- Kemajuan
karier dalam departemen fungsional
- Panduan
dan pengendalian dari manajemen Puncak
- Koordinasi
yang luar biasa dalam fungsi-fungsi
- Pemecahan
masalah teknikal yang berkualitas
Kelemahan
Fungsional
- Komunikasi
lintas departemen fungsional yang buruk
- Tanggapan
lambat yang diberikan pada perubahan lingkungan, ketinggalan inovasi
- Keputusan
terkonsentrasi pada hirarki puncak, menciptakan penundaan
- Tanggung
jawab bagi masalah yang muncul sulit ditunjukkan secara tepat
- Pandangan
terbatas mengenai sasaran organisasi dari pada karyawan
- Pelatihan
manajemen umum yang terbatas bagi karyawan
2.2. Divisional
- Departemen
dikelompokkan ke dalam divisi mandiri terpisah berdasarkan pada kesamaan
produk, program, atau daerah geografis. Perbedaan keterampilan merupakan
dasar departementalisasi, dan bukannya kesamaan keterampilan
- Contoh
: www.heinz.com
Rancangan Struktur
Divisional
Keunggulan
Divisional
- Cepat
tanggap, fleksibilitas pada lingkungan yang tidak stabil
- Memperhatikan
kebutuhan konsumen
- Koordinasi
yang luar biasa lintas departemen fungsional
- Pembebanan
tanggung jawab yang jelas bagi permasalahan produk
- Penekanan
terhadap keseluruhan produk dan tujuan divisional
- Pengembangan
keterampilan manajemen umum
Kelemahan
Divisional
- Duplikasi
sumberdaya lintas divisi
- Kurang
pendalaman teknis dan spesialisasi dalam divisi-divisi
- Koordinasi
yang buruk lintas divisi
- Kurangnya
kendali sumberdaya menajemen puncak
- Kompetesi
untuk sumberdaya perusahaan
2.3. Matriks
- lRanati
komando divisional dan fungsional diimplementasikan secara simulatan dan
membebani satu sama lainnya dalam departemen yang sama. Terdapat dua
rantai komando, dan beberapa karyawan memberikan laporan pada dua bos.
- Contoh
: www.nasa.gov
Rancangan Struktur
Matriks
Keunggulan Matriks
- Penggunaan
sumberdaya yang lebih efisien dibandingkan pada hirarki tunggal
- Fleksibilitas
dan adaptabilitas terhadap lingkungan yang terus berubah
- Pengembangan
keterampilan manajemen umum dan spesialis
- Kerja
sama interdisiplin, ketersediaan ahli untuk seluruh divisi
- Pelebaran
tugas-tugas bagi para karyawan
Kelemahan Matriks
- Penggunaan
sumberdaya yang lebih efisien dibandingkan pada hirarki tunggal
- Fleksibilitas
dan adaptabilitas terhadap lingkungan yang terus berubah
- Pengembangan
keterampilan manajemen umum dan spesialis
- Kerja
sama interdisiplin, ketersediaan ahli untuk seluruh divisi
- Pelebaran tugas-tugas bagi para karyawan
3. Deskripsi dan spesifikasi tugas
3.1 Deskripsi Pekerjaan
Secara teori, jenis pekerjaan itu ada jenis pekerjaan di
dalam ruangan (back office), pekerjaan lapangan seperti tenaga marketing, dan
pekerjaan profesional seperti dokter dan pengacara. Semua jenis pekerjaan itu
mempunyai deskripsi pekerjaan (job description) dan tanggung jawab berbeda. Job
description yang baik memuat perincian tugas dan tanggung jawab utama. Tanggung
jawab utama ini merupakan sasaran yang melekat pada pemangku jabatan agar misi
jabatan dapat dicapai.
Beberapa hal penting harus diperhatikan dalam menyusun job
description.
> Langsung menggambarkan hasil-hasil utama dari uraian jabatan.
> Fokus pada proses maupun hasil, bukan pada aktivitas semata.
> Secara eksplisit menggambarkan hasil yang harus dicapai pemangku jabatan.
> Sebaiknya setiap tanggung jawab dapat diukur keberhasilannya dalam bentuk performance indicator.
> Langsung menggambarkan hasil-hasil utama dari uraian jabatan.
> Fokus pada proses maupun hasil, bukan pada aktivitas semata.
> Secara eksplisit menggambarkan hasil yang harus dicapai pemangku jabatan.
> Sebaiknya setiap tanggung jawab dapat diukur keberhasilannya dalam bentuk performance indicator.
Di Indonesia, ada banyak jenis pekerjaan, baik yang tidak
membutuhkan keahlian maupun yang menuntut keahlian khusus atau profesional.
Berikut beberapa jenis pekerjaan dengan deskripsi pekerjaannya.
Sekretaris
Pekerjaan ini sangat diminati perempuan karena memiliki
gengsi tersendiri di mata publik. Seorang sekretaris bertanggung jawab secara
langsung pada atasan. Pada dasarnya, tugas sekretaris dibagi dalam tiga bagian,
yaitu tugas rutin, tugas umum yang dikerjakan tanpa menunggu instruksi atasan,
dan tugas khusus yang pelaksanaannya berdasarkan perintah atasan.
Deskripsi pekerjaan untuk sekretaris antara lain:
> Menyusun/membuat surat (korespondensi), Menata arsip (berkas),
> Mengurus dan menerima surat,
> Menerima dan melayani tamu pimpinan,
> Menerima dan melayani penelepon,
> Mengatur jadwal kegiatan pimpinan, Menyiapkan laporan.
> Menyusun/membuat surat (korespondensi), Menata arsip (berkas),
> Mengurus dan menerima surat,
> Menerima dan melayani tamu pimpinan,
> Menerima dan melayani penelepon,
> Mengatur jadwal kegiatan pimpinan, Menyiapkan laporan.
Public Relation
Seorang Public Relation (PR) bertugas mengurus media dan
komunitas dalam hubungan internal atau eksternal. Reputasi dan keberuntungan
perusahaan bergantung pada keberhasilan seorang PR. Pekerjaan ini juga memberi
tantangan dan pengalaman yang menyenangkan karena hampir setiap hari bertemu
dengan berbagai macam karakter orang. Rata-rata yang mengisi pekerjaan ini
adalah wanita.
Deskripsi pekerjaan PR antara lain:
> Menyelenggarakan dan bertanggung jawab atas penyampaian informasi secara lisan atau tertulis melalui penampilan visual kepada publik,
> Memonitor, merekam, dan mengevaluasi tanggapan serta
pendapat publik,
> Tanggung jawab sosial, di mana PR merupakan instrumen untuk bertanggung jawab terhadap kelompok yang berhak,
> Memperbaiki citra organisasi,
> Melaksanakan komunikasi timbal balik kepada publik.
> Menyelenggarakan dan bertanggung jawab atas penyampaian informasi secara lisan atau tertulis melalui penampilan visual kepada publik,
> Memonitor, merekam, dan mengevaluasi tanggapan serta
pendapat publik,
> Tanggung jawab sosial, di mana PR merupakan instrumen untuk bertanggung jawab terhadap kelompok yang berhak,
> Memperbaiki citra organisasi,
> Melaksanakan komunikasi timbal balik kepada publik.
Jurnalis
Jurnalis tugasnya mencari berita dan membawanya ke ranah
publik
secepat mungkin. Seorang jurnalis harus bisa menyajikan berita dengan jelas clan menarik. Jurnalis adalah ujung tombak media.
Jenis pekerjaan ini memberikan banyak tantangan dan hal-hal baru setiap hari. Meskipun banyak suka dukanya, jurnalis adalah pekerjaan yang paling diminati di Indonesia.
secepat mungkin. Seorang jurnalis harus bisa menyajikan berita dengan jelas clan menarik. Jurnalis adalah ujung tombak media.
Jenis pekerjaan ini memberikan banyak tantangan dan hal-hal baru setiap hari. Meskipun banyak suka dukanya, jurnalis adalah pekerjaan yang paling diminati di Indonesia.
Deskripsi pekerjaan jurnalis antara lain:
> Menghadiri peluncuran acara-acara baru, baik acara pemerintahan matt- pun acara dari institusi swasta,
> Melakukan wawancara dengan narasumber secara langsung atau rnelalui telepon, dan
> Menyajikan berita pada publik secara akurat, tajam, dan berimbang.
> Menghadiri peluncuran acara-acara baru, baik acara pemerintahan matt- pun acara dari institusi swasta,
> Melakukan wawancara dengan narasumber secara langsung atau rnelalui telepon, dan
> Menyajikan berita pada publik secara akurat, tajam, dan berimbang.
Marketing
Pekerjaan ini cocok bagi orang yang tidak betah bekerja
dalarn kantor. Bekerja sebagai marketing tidak rnenuntut untuk stay di kantor
karena waktunya yang fleksibel clan harus berlomba-lomba dengan target.
Marketing adalah ujung tombak perusahaan sehingga gaji yang diperoleh pun lebih
tinggi dari staf lain, misalnya administrasi, accounting, clan keuangan.
Seorang marketing adalah orang yang menjual atau memasarkan
produk, baik barang maupun jasa.
Deskripsi pekerjaan marketing antara lain:
> Memasarkan produk melalui internet atau penyebaran brosur,
Membuat strategi pemasaran, Mencari pelanggan, Mengunjungi pelanggan, Memperkenalkan produk ke pelanggan sampai dengan proses pembelian,
> Menjaga hubungan dengan pelanggan.
> Memasarkan produk melalui internet atau penyebaran brosur,
Membuat strategi pemasaran, Mencari pelanggan, Mengunjungi pelanggan, Memperkenalkan produk ke pelanggan sampai dengan proses pembelian,
> Menjaga hubungan dengan pelanggan.
Administrasi
Mendengar istilah administrasi, yang terbayang dalarn benak
kita adalah tentang keuangan, mengatur dokumen, atau jenis pekerjaan back
office. Tugas utama pekerjaan ini adalah mengerjakan tugas-tugas administrasi
kantor, seperti mengatur arus dokumen, melakukan surat-menyurat, dan menyiapkan
bahan presentasi.
Deskripsi pekerjaan untuk administrasi antara lain:
> Bertanggung jawab atas keluar-masuknya barang,
> Bertugas untuk sistem pengontrolan
kualitas barang masuk dan keluar,
> Melakukan proses internal perusahaan, >> Melakukan proses kepegawaian,
> Melakukan penyimpanan clokumen perusahaan,
> Melakukan pengaturan kas kecil keuangan.
> Bertanggung jawab atas keluar-masuknya barang,
> Bertugas untuk sistem pengontrolan
kualitas barang masuk dan keluar,
> Melakukan proses internal perusahaan, >> Melakukan proses kepegawaian,
> Melakukan penyimpanan clokumen perusahaan,
> Melakukan pengaturan kas kecil keuangan.
Dokter
Tanggung jawab dokter adalah memberikan belas kasih serta
perawatan etis dan tepat untuk pasien. Hubungan antara pasien dan dokternya
harus didasarkan pada kepercayaan.
Kewajiban dokter terhadap pasien antara lain sebagai
berikut.
1. Dokter wajib bersikap ikhlas dan menggunakan segala ilmu dan keterampilannya untuk kepentingan pasien. Misalnya, ia tidak mampu rnelakukan pemeriksaan atau pengobatan, maka alas persetujuan pasien, ia wajib men, juk pasien kepada dokter yang lebih ahli dalam penyakit tersebut.
2. Dokter harus memberikan kesempatan kepada pasien agar dapat berhubungan dengan keluarga dan penasihatnya terkait beribadat dan masalah lainnya.
3. Dokter wajib merahasiakan segala sesuatu yang diketahuinya tentang penyakit pasien, bahkan setelah pasien itu meninggal
4. Dokter wajib melakukan pertolongan darurat sebagai tugas kemanusiaan, kecuali ia yakin ada orang lain yang bersedia dan mampu memberikan pertolongan.
1. Dokter wajib bersikap ikhlas dan menggunakan segala ilmu dan keterampilannya untuk kepentingan pasien. Misalnya, ia tidak mampu rnelakukan pemeriksaan atau pengobatan, maka alas persetujuan pasien, ia wajib men, juk pasien kepada dokter yang lebih ahli dalam penyakit tersebut.
2. Dokter harus memberikan kesempatan kepada pasien agar dapat berhubungan dengan keluarga dan penasihatnya terkait beribadat dan masalah lainnya.
3. Dokter wajib merahasiakan segala sesuatu yang diketahuinya tentang penyakit pasien, bahkan setelah pasien itu meninggal
4. Dokter wajib melakukan pertolongan darurat sebagai tugas kemanusiaan, kecuali ia yakin ada orang lain yang bersedia dan mampu memberikan pertolongan.
Pengacara
Pengacara adalah orang yang membantu penggugat maupun
tergugat, dan diangkat pengadilan tinggi (PT) tertentu. Batas wilayah tugasnya
hanya diperbolehkan dalarn wilayah hukum
PT tersebut.
PT tersebut.
Di samping itu, ia boleh mengajukan perkara dan mewakili
orang-orang yang mernunyai perkara, penggugat maupun tergugat, baik di hadapan
PT maupun di hadapan semua pengadilan negeri yang berada dalarn wilayah hukum
PT tersebut.
Tugas pengacara adalah membela dan melindungi kepentingan
klien berlaku setelah klien memberikan kuasa untuk menangani dan mewakili
klien, saat di luar maupun di dalam pengadilan.
Guru
Sebagai pendidik yang memahami fungsi dan tugasnya, guru
dibekali dengan berbagai ilmu keguruan sebagai dasar sekaligus seperangkat
latihan keterampilan keguruan. Pada kondisi ini guru belajar menyosialisasikan
sikap keguruan yang diperolehnya.
Deskripsi pekerjaan guru antara lain:
> Membentuk kepribadian anak yang harmonis sesuai cita-cita dan dasar negara Indonesia,
> Menjadi pembimbing untuk membawa anak didik ke arah kedewasaan,
> Menjadi penghubung antara sekolahdan masyarakat, sebagai penegak disiplin, guru menjadi contoh dalam segala hal, sebab tata tertib dapat berjalan apabila guru menjalaninya terlebih dahulu,
> Sebagai adminstrator dan manajer, guru menjadi perencana kurikulum.
> Membentuk kepribadian anak yang harmonis sesuai cita-cita dan dasar negara Indonesia,
> Menjadi pembimbing untuk membawa anak didik ke arah kedewasaan,
> Menjadi penghubung antara sekolahdan masyarakat, sebagai penegak disiplin, guru menjadi contoh dalam segala hal, sebab tata tertib dapat berjalan apabila guru menjalaninya terlebih dahulu,
> Sebagai adminstrator dan manajer, guru menjadi perencana kurikulum.
3.2 Spesifikasi pekerjaan
Spesifikasi pekerjaan (job spescification) adalah sebuah
daftar pengetahuan , keahlian, kemampuan, dan karakteristik lainnya yang harus
dimiliki oleh individu untuk melaksanakan sebuah pekerjaan. Pengetahuan mengacu
ke informasi prosedural dan faktual yang diperlukan bagi pelaksanaan sebuah
tugas secara berhasil.
Spesifikasi pekerjaan menggambarkan tuntutan pekerjaan atas
para karyawan yang melakukannya dan persyaratan keahlian manusia. Persyaratan
manusia meliputi pengalaman, pelatihan, pendidikan dan kemampuan memenuhi
tuntutan fisik dan mental. Informasi tersebut dapat merupakan salah satu dari
ketiga kategori berikut:
> Persyaratan kualifikasi umum seperti pengalaman dan
pengertian
> Persyaratan penddikan termasuk , termasuk pendidikan menengah , universitas, atau pendidikan kejuruan
> Pengetahuan, keahlian dan kemampuan.
> Persyaratan penddikan termasuk , termasuk pendidikan menengah , universitas, atau pendidikan kejuruan
> Pengetahuan, keahlian dan kemampuan.
Spesifikasi pekerjaan harus hanya mencakup kualifikasi yang
jelas berhubungan dengan kinerja pekerjaan yang dapat dierima.Spesifikasi
pekerjaan melaksanakan fungsi yang terpisah dari komponen analisis pekerjaan
yang lain.
4. Sistem Penggajian
dan Pengupahan
Sistem pengajian adalah mengembangkan sekumpulan prosedur
yang memungkin perusahaan untuk menarik, menahan dan memotivasi staf yang
diperlukan, serta untuk mengendalikan biaya pembayaran gaji. Karena tidak ada
satu pola yang dapat digunakan secara universal maka prosedur ini harus
disesuaikan dengan kebijakan gaji tiap-tiap organisasi, dan hendaknya didasar
atas kebijakan yang dianggap adil.
Sistem penggajian dan pengupahan adalah jaringan prosedur yang terdiri dari sebagai berikut:
Sistem penggajian dan pengupahan adalah jaringan prosedur yang terdiri dari sebagai berikut:
4.1. Prosedur
pencatatan waktu hadir
Prosedur ini bertujuan untuk mencatat waktu hadir karyawan.
Pencatatan waktu hadir ini diselenggarakan oleh fungsi pencatat waktu dengan
mengunakan daftar hadir pada pintu masuk kantor adninistrasi atau pabrik.
Pencatatan waktu hadir karyawan ini diselenggarakan untuk menentukan gaji dan
upah karyawan.
4.2. Prosedur
pencatat waktu kerja
Dalam perusahaan manufaktur yang produksinya berdasarkan
pesanan, pencatat waktu kerja diperlukan bagi karyawan yang berkerja di fungsi
produksi untuk keperluan distribusi biaya dan upah karyawan kepada produk atau
pesanan yang menikmati jasa karyawan tersebut. Jika misalnya seorang karyawan
pabrik hadir ke perusahaan selama 7 jam dalam suatu hari kerja, jumlah jam
hadir tersebut dirinci menjadi waktu kerja dalam tiap-tiap pesanan yang
dikerjakan. Dengan demikian waktu kerja ini dipakai sebagai dasar pembebanan
biaya tenaga kerja langsung kepada produk yang diproduksi.
4.3. Prosedur
pembuatan daftar gaji
Dalam prosedur ini fungsi pembuat daftar gaji dan upah
membuat daftar gaji dan upah karyawan. Data yang dipakai sebagai dasar
pembuatan daftar gaji adalah surat-surat keputusan mengenai pengankatan
karyawan baru, kenaikan pangkat, penurunan pangkat, pemberhentian karyawan,
daftar gaji bulan sebelumnya dan daftar hadir.
4.4. Prosedur
distribusi biaya gaji
Dalam prosedur ditribusi biaya gaji dan upah, biaya tenaga
kerja didistribusikan kepada departemen-departemen yang menikmati manfaat
tenaga kerja. Distribusi biaya tenaga kerja ini dimaksud untuk
pengendalian biaya dan perhitungan harga pokok produk.
4.5. Prosedur
pembayaran gaji
Prosedur pembayaran gaji dan upah melibatkan fungsi
akuntansi dan fungsi keuangan. Fungsi akuntansi membuat perintah pengeluaran
kas kepada fungsi keuangan untuk menulis cek guna pembayaran gaji dan upah.
Fungsi keuangan kemudian menguangkan cek tersebut ke bank dan memasukan uang ke
amplop gaji dan upah. Jika jumlah karyawan perusahaan banyak. Pembagian amplop
dan upah dapat dilakukan dengan membagikan cek gaji dan upah kepada karyawan.
(Mulyadi, 2001:385).
Untuk mendistribusikan gaji dan upah, pertama dilakukan penyusunan daftar gaji. Daftar gaji dan daftar upah yang berfungsi sebagai jurnal gaji dan upah disusun dengan tiga metode yang terdiri dari:
Untuk mendistribusikan gaji dan upah, pertama dilakukan penyusunan daftar gaji. Daftar gaji dan daftar upah yang berfungsi sebagai jurnal gaji dan upah disusun dengan tiga metode yang terdiri dari:
A. Metode
tangan (pen and ink)
Langkah-langkah untuk menyusun daftar gaji dan upah dapat
dipisahkan menjadi dua bagian yaitu
- Langkah
persiapan. Bagian gaji dan upah menerima catatan waktu hadir dan
waktu kerja. Kemudian catatan waktu hadir digunakan sebagai dasar untuk
menyusun daftar gaji dan upah.
- Langkah
penyusunan. Bagian gaji dan upah mencatat nama karyawan dan jam kerja
(biasa dan lembur) dalam daftar gaji. Sumber datanya adalah catatan waktu
hadir. Kemudian mencatat tarif gaji atau upah dari daftar tarif dan
mengalikannya dengan lama kerja.
B. Posting langsung
(direct posting) dengan mesin atau payroll board
Proses perhitungan daftar gaji dan upah dengan mengunakan
mesin penghitung khusus. Penyusunan daftar gaji dengan cara tangan (pen and
ink) berakibat adanya penulisan hal yang sama berulang-ulang. Misalnya nama
karyawan, nomor kartu hadir. Untuk menghindari cara yang berulang-ulang ini
maka dapat digunakan dengan metode mesin atau payroll board.
C. Metode tanpa buku
pembantu (ledgerless)
Dengan cara ini data gaji dan upah langsung dapat dicatat
kedalam cek gaji dan laporan gaji karyawan. Sedangkan formulir-formulir lain
diletakkan di bawah cek gaji, diberi karbon, sehingga data dalam cek gaji akan
tembus ke formulir lainnya. Agar tembusan yang dibuat itu sesuai dengan yang
diinginkan maka bentuk formulir-formulirnya dibuat sedemikian rupa sehingga
sekali menulis dapat diperoleh beberapa formulir. (Zaki Baridwan, 2001:152).
Komentar :
Setelah mengetahui struktur - struktur organisasi, deskripsi dan spesifikasi tugas/pekerjaan, dan sistem penggajian. Menurut saya hal tersebut sangat diperlukan oleh seseorang yang akan bekerja dimana struktur organisasi dipelajari untuk mengetahui bagaimana bentuk organisasi yang kita masuki, deskripsi dan spesifikasi tugas dipelajari untuk mengetahui tugas/pekerjaan yang akan kita jalani itu seperti apa, dan sistem penggajian dipelajari untuk mengetahui bagaimana gaji yang kita terima itu diproses oleh perusahaan/organisasi yang kita ikuti.
Namun dalam masing - masing mempunyai kekurangan, tergantung kita yang memilih organisasi apa yang kita minati, dan bagaimana kita menjalani tugas yang ada di organisasi tersebut. Jadi untuk para calon pekerja/pengusaha haruslah pandai - pandai memilih keputusan yang tepat untuk dijalani.
Refrensi :
http://anjanimega.blogspot.co.id/2013/11/bentuk-struktur-organisasi-fungsional.html
http://anomiemine.blogspot.co.id/2012/09/deskripsi-dan-spesifikasi-pekerjaan.html
http://www.kajianpustaka.com/2012/10/sistem-penggajian-dan-pengupahan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar